Yuk, Mulai Merintis Usaha Baru!

Yuk, Mulai Merintis Usaha Baru!

Sebagian dari kita pasti berkeinginan mempunyai usaha sendiri dan keinginan memiliki usaha sendiri tidak lah salah bahkan sangat dianjurkan. Dengan memiliki usaha sendiri kita dapat menambah jumlah pendapatan, pengalaman dan jaringan yang luas.  Di era keterbukaan saat ini dimana arus informasi dan perubahan yang sangat cepat sekali, kita dituntut untuk terus berinovasi dan produktif. Bayangkan bila orang lain sudah berlari sangat cepat mengambil tindakan untuk membuka usaha, sementara kita hanya duduk termangu di depan meja kerja dan menjadi penonton di tengah kesuksesan orang lain yang merintis usahanya dari nol.

Membuka usaha baru memang membutuhkan nyali kuat, tekad yang baja dan mental yang pantang menyerah. Untuk memulainya pun kita harus menghadapi rintangan awal bisa berupa modal, waktu, ide bahkan pertentangan dari keluarga sendiri. Hampir sebagian besar calon wiraswasta gagal melewati rintangan awal ini. Oleh karena itu kita perlu menyusun strategi dan tindakan agar usaha yang akan kita rintis dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah tips untuk merintis usaha baru :

  1. Tentukan Ide dan model Bisnis (usaha) nya.

Salah satu kegagalan di awal menjalankan usaha adalah kita belum memiliki model bisnis yang baik, kita hanya terfokus pada ide bisnis tapi bingung bagaimana memulai usahanya. Padahal dalam setiap model bisnis, kita akan menemukan berbagai macam kekuatan dan kelemahan diri kita serta peluang dan ancaman dari pasar yang akan kita hadapi. Dari model bisnis juga kita dapat menentukan segmen pasar yang akan dibidik, profit yang didapat hingga biaya yang harus dikeluarkan. Dan dari model bisnis pula kita dituntut untuk berhati-hati dan peduli di setiap transaksi usaha yang akan dijalankan sehingga meminimalisasi kerugian dari usaha yang dijalankan. Sangat disayangkan bila kita memiliki ide bisnis yang baik tapi gagal dalam penerapannya. Dengan paham pada model bisnis yang dijalankan tentunya ide bisnis akan menjadi tumbuh dan menghasilkan profit yang maksimal.

  1. Jalankan (eksekusi) Bisnis nya.

Ide yang sudah didapat dan model bisnis yang sudah ditulis wajib hukumnya untuk dijalankan. Salah satu masalah kepribadian manusia adalah malas untuk mengeksekusi. Tanpa sadar kita rajin membuat rencana tapi lupa mengeksekusi nya. Menjalankan usaha dengan sepenuh hati dan komitmen dengan model bisnis yang di rancang, akan menjadi jalan anda untuk meraih kesuksesan. Jadi jangan di tunda model bisnis yang kita rancang. Segera dijalankan dan anda akan dapat merasakan menjadi wiraswasta sejati.

  1. Jangan Menyerah, Ulangi lagi! Jangan Menyerah, Ulangi lagi.

Ada pepatah mengatakan “Roma tidak akan hancur dalam satu kali serangan!”. Sebagaimana yang disebutkan diawal, anda harus memiliki nyali yang kuat untuk menghadapi rintangan, tekad yang baja untuk menembus pasar dan mental yang pantang menyerah ketika menghadapi kegagalan. Banyak yang mengatakan kegagalan itu adalah sukses yang yang tertunda, dan itu benar!, kenapa? Karena dari kegagalan itu anda mendapatkan pengalaman yang berharga dan bisa memperbaiki di masa yang akan datang. Oleh karena itu ketika anda gagal di awal, jangan menyerah, ulangi lagi! Perbaiki kesalahan, dan seterusnya hingga anda menemukan pola yang tepat dan ahli dalam bidang usaha yang anda geluti.

Keuletan dan pantang menyerah adalah kunci sukses anda dalam memulai usaha, jangan sia siakan mimpi dan keinginan anda untuk berwirausaha, yakinlah usaha yang akan anda jalankan akan sukses dan besar serta menguntungkan, selamat berwirausaha !

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share This