Mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Dari artikel sebelumnya telah kita ketahui bersama-sama,bahwa Berdasarkan undang-undang bank yang ada di Indonesia dan diakui ada 2 jenis perbankan yaitu Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat atau BPR. Adapun kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat atau BPR adalah sbb:

  1. Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka,tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.
  2. Memberikan fasilitas kredit.
  3. Menyediakan pembiayaan dan penempatan dana bersadarkan prinsip syariah,sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI).
  4. Menempatkan dananya dalam bentuk sertifikat Bank Indonesia (BI) deposito berjangka,sertifikat deposito dan atau tabungan pada bank lain.

Dalam kegiatan usaha menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan baik itu berupa deposito berjangka,tabugan maka Bpr (Bank Perkreditan Rakyat) wajib atau sudah barang pasti menjamin beberapa hal seperti tersebut dibawah ini:

  1. Bpr akan bertanggung jawab mengelola (simpanan) dan memenuhi kewajibannya sesuai kontrak atau perjanjian (syarat yang telah disepakati).
  2. Simpanan nasabah akan dan sudah pasti dibukukan atau dicatat secara tersendiri.
  3. Apabila BPR mengalami kepailitan maka semua simpanan pada Bpr tidak dimasukkan dalam harta kepailitan tentunya atau Bpr memiliki kewajiban untuk mengembalikan simpanan tersebut kepada yang bersangkutan.

Untuk menjamin dana masyarakat dan menjaga ketenangan nasabah undang-undang mengatur perbankan dalam hal ini termasuk Bpr untuk :

  1. Setiap Bank wajib menjamin dana masyarakat yang disimpan pada Bank yang bersangkutan.
  2. Untuk menjamin simpanan tersebut setiap bank wajib menjadi Bank peserta Lembaga Penjamin Simpanan.
  3. Lembaga Penjamin Simpanan merupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintahan,dan diatur dengan peraturan pemerintah yang independent menjamin simpanan nasabah penyimpan dan turut aktif memelihara stabilitas system perbankan.

Kegiatan usaha yang dilarang untuk dilakukan/tidak boleh dilakukan oleh Bpr adalah sbb :

  1. Menerima simpanan berupa giro dan ikut serta dalam lalulintas pembayaran
  2. Melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing
  3. Melakukan penyertaan
  4. Melakukan usaha perasuransian
  5. Melakukan usaha diluar kegiatan usaha sebagaimana tercantum dalam pasal 13 UU No.10 tahun 1998.

BPR (Bank Perkreditan Rakyat) merupakan lembaga keuangan yang diawasi cukup ketat baik oleh BI atau otoritas jasa keuangan (OJK),sehingga dalam pelaksanaan kegiatannya sudah pasti terdaftar dan terpantau.

Fokus Usaha Bpr Meliputi :

  1. Memfokuskan terhadap pelayanan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah).
  2. Mengutamakan dan memungkinkan untuk menjangkau masyarakat yang belum terlayani oleh Bank Umum baik dalam hal simpanan ataupun dalam fasilitas pinjaman/kredit.
  3. Selalu berorientasi untuk meningkatkan dan mempertahankan untuk pelayanan kepada masyarakat.
  4. Berorientasi memberikan manfaat yang lebih besar dan mendorong meningkatkan perekonomian masyarakat UMKM.

Bpr tidak hanya sekedar menyalurkan kredit kepada para pengusaha mikro kecil dan menengah tetapi juga menerima simpanan dari masyarakat. Dalam penyaluran kredit kepada masyarakat menggunakan prinsip 3T :

  1. Tepat Waktu
  2. Tepat Jumlah
  3. Tepat Sasaran

Proses pemberian fasilitas kredit dengan persyaratan yang cukup sederhana,realisasi kredit relatif cepat akan tetapi tetap mempertahankan 5C (Caracter,capai,capacity,collateral,condition)

Maka dari itu masyarakat tidak perlu ragu dan takut untuk menyimpan dananya di Bpr karena Bpr sudah pasti menjadi bank peserta lembaga penjamin simpanan. Sehingga dana yang disimpannya aman di jamin LPS sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Oleh karena itu ayo jangan ragu lagi kita ke BPR ……………..
Mulai dari sekarang jangan ragu datang dan menyimpan dana di BPR HANEDA MITRA USAHA…………………
AYO KE BANK…………. AYO ke BPR Haneda …………….

haneda

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share This